PERJALANAN BISNIS RASULULLAH SEBAGAI DASAR ETIKA BISNIS ISLAM
Abstract
Perilaku yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berbisnis, mulai dari beliau menjadi seorang pengembala kambing hingga menjadi seorang pengusaha beliau selalu memberikan petunjuk atau cara dalam melakukan perdagangan dengan benar dan pfesional. Dalam hal ini beliau juga pernah mengalami kemunduran kemudian bangkit lagi dari keterpurukan bisnis. Beberapa prinsip yang diterapkan oleh Nabi Muhammad ialah amanah, jujur, menghindari gharar (ketidak pastian), timbangan tepat, tidak menimbun barang, tidak melakukan al-ghalb dan tadlis diantara penjual dan pembeli. Etika bisnis yang dilakukan oleh Nabi Muhammad menjadi menarik untuk dikaji, beliau yang hidup dalam masyarakat Arab bercorak ke-jahiliyyah-an berhasil menerapkan nilai-nilai etika, sebuah kesuksesan luar biasa jika melihat keberhasilan nabi dalam berbisnis, sehingga kita dapat meneliti: 1. Bagaimana perjalanan kehidupan Rasulullah 2. Bagaimana prinsip bisnis Rasulullah sebagai dasar etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode pendekatan sejarah. Penulis mencoba menguak fakta sejarah dibalik kesuksesan Nabi Muhammad dalam berbisnis.
Downloads
References
Akhmad Mujahidin, Etika Bisnis Dalam Islam (Analisis Terhadap Aspek Moralitas Pelaku Bisnis) dalam Jurnal Hukum Islam. Vol. IV No. 2. Desember 2005.
Amirulloh Syarbini dan J. Haryadi, Muhammad Bisnisman Ulung, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.
Hadits riwayat Abu Daud, no. 2936.
Hadits riwayat Ahmad, no. 3496.
Hadits riwayat Bukhari, no. 2082.
Hadits riwayat Ibnu Majah, no. 2186.
Hadits riwayat Muslim, no. 2783.
Ketut Rindjin, Etika Bisnis dan Implementasinya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Laode Kamaludin dan Aboza M. Richmuslim, Cerdas Bisnis Cara Rasulullah, Jakarta: Richmuslim Adikarya Bangsa, 2010.
Mahdi Rizqullah Ahmad, al-Sirah al-Nabawiyyah fi Dhauq’i al-Maṣādir al-Aṣliyyah: Dirasah Tahlīliyyah, terj. Yessi HM., Jakarta: Qisthi Press, 2006.
Muhammad bin Alwi al-Maliky, al-Bushra fi Manāqib al-Sayyidah Khadījah al-Kubrā, Surabaya: Barar al-Tsaqaf, 1994.
Muhammad bin Yasar ibn Isaac, Sirah Ibn Isḥaq, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2002.
Muhammad, Etika Bisnis Islami, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2004.
Muhammad Saifullah, Etika Bisnis Dalam Praktek Mal Bisnis Muhammad, Jurnal Economica, vol.1/edisi I/November 2010.
Sonny Keraf, Etika Bisnis, Yogyakarta: Kanisius, 1998.
Copyright (c) 2018 Ulil Albab, Rahmatil Maula, Achmad Rofi Amufid, Moh Slamet S.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.