ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD

  • Alma Pratiwi Husain Uin Sunan Kalijaga yogyakarta
Keywords: Learning Strategies, Main Material Science in MI/SD

Abstract

This article aims to find out the relevant strategies for use in science lessons, thematic books K-13 class IV theme 2 in MI / SD. The research method used is the library research approach. Data collection is carried out by examining various journals, books and documents both printed and electronic which are relevant to research studies. The results showed that the relevant learning strategies used were experiential learning strategies with experimental methods and field observations. This strategy provides a real picture because students are in direct contact with objects and nature during the learning process. The benefits of this study provide information related to relevant learning strategies for science lessons, thematic books K-13 class IV theme 2 in MI / SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Semarang: UNISSULA PRESS, 2013.

Ai Salsiah, Kemampuan menyusun hipotesis dalam pembelajaran ipa Melalui metode eksperimen pada peserta didik Kelas v sekolah dasar, JURNAL PENDIDIKAN DASAR Volume 6 Edisi 2 Desember2015, diunduh pada tanggal 20 Mei 2020

Alsa,Asmadi, Pengaruh Metode Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi, JURNAL PSIKOLOGI VOLUME 37, NO. 2, Desember2010: 165 – 175 165, diunduh pada tanggal 20 Mei 2020

Anggi St. Anggari, Afriki, Dkk, Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 kelas IV Tema 2, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Anggi St. Anggari, Afriki, Dkk, Buku Guru Tematik Kurikulum 2013 kelas IV Tema 2, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Asrori, Mohammad, Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran, Jurnal Madrasah, Vol.5. No. 2 Januari- Juni 2013, diunduh pada tanggal 16 Mei 2020

Azimi, Ani Rusilowati, Sulhadi, Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar, Pancasakti Science Education Journal PSEJ Volume 2 Nomor 2, Oktober 2017, Hal. 145- 145

Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Devi, Poppy K., Metode-metode dalam Pembelajaran IPA,(Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam: PPPPTK IPA, 2010), hlm.12, diunduh pada tanggal 15 Mei 2020

Dw. Ayu Indri Wijayanti , Kt. Pudjawan , I Gd. Margunayasa, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di 3 Sd Gugus X Kecamatan Buleleng,e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Jakarta:Rineka Cipta,1997.

Eli Fauzi Rahma, Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas Ivb Sdn Panggang, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 19 Tahun ke-5 2016

Hamalik, Omar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustakan Setia, 2011.

Harmuni, Strategi Pembelajaran,Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013.

Hidayati, Konsep Pendidikan IPS Dan Karakteristik Pendidikan IPSdi SD,

Irawati,ErniSurya, ImamSuyitno, WidodoHs, Karakteristik Bahasa Indonesia Tuturan Siswa Kelas I Sdn Kesatrian 1 Malang Dalam Interaksi Belajar Mengajar, diunduh di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/, pada tanggal 15 Mei 2020.

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Malik,Muh Syauqi, Analisis Hots, 4c, Literasi, Dan Pendidikan Karakter Dalam Seni Budaya Dan Prakarya Mi/Sd Kurikulum 2013, Elementary Vol. 8 No.1Januari - Juni 2020, diunduh pada tanggal 17 Mei 2020.

Muhamad, Nurdin, Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09; No. 01; 2016; 9-22, diunduh pada tanggal 15 Mei 2020

Nasaruddin, Nasaruddin, “Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah,” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, no. 2 (2013): 63–76, diunduh dari: https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/93/79, pada tanggal 15 Mei 2020.

Nasution, Wahyudin Nur, strategi Pembelajaran, (Medan, Perdana Publishing, 2017.

Paulsuparno, Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik dan Menyenangkan, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2013.

Permendikbud No 22 Tahun 2016, Jakarta: Kemendikbud 2016.

Prastowo, Andi, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TematikTerpadu, Jakarta:Prenada Media, 2015.

Purwanto, N, Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Samsuri, Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial UNY

Sari, Suci Perwita, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Simulasi, BINA GOGIK, Vol 5 No. 2, September 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, 2012

Suharsimi, Arikunto, , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, 2010

Susanto, Ahmad Teori Belajar dan Pembelajarandi Sekolah Dasar, Jakarta: KencanaMedia Group, 2013.

Supriati, Amalia,Pembelajaran IPA di SD, (Tanggerang Selatan: Univrsitas Terbuka, 2014

Suryani, Nunuk & Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar,Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012

Suyono dan Hardianto, Belajar dan pembelajaran: Teori dan konsep Dasar,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Tim Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga , Pembelajaran Tematk dari Teoritik dan Praktik, Yogyakarta: Wijan Mahadi karya

Tobing, Rangke L, Setia Adi Hindun, Model-Model Mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar, diunduh pada tanggal 16 Mei 2020

Toharuddin, Uus, Sri Hendrawati, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: Humaniora, 2011.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual, (Contekstual Teaching Learning) di kelas, (Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008), hlm.70

Usman Sumantowa, Pembelajaran IPAdi Sekolah Dasar, Jakarta: Indeks 2011.

Wulandari,Ria, Metode Kunjungan Lapangan Untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup, JURNAL PEDAGOGIA Volume. 5, No. 1, Februari 2016

Published
2019-06-28
How to Cite
Alma Pratiwi Husain. 2019. “ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD ”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8 (1), 125-50. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.158.