PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui alphabetic puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A di RA Muslimat Nu Braja Harjosari sebanyak 22 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siklus I dan siklus II selama enam kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 54,55% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,73%.
Downloads
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1997
Departemen Pendidikan Nasional, Komunikasi Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD. 2008
Handayani,Nur http://digilib.uinsuka.ac.id/14085/2/BAB%20I,%20IV,%20DAF
AR%20 PUSTAf di akses pada tgl 4 desember 2014 jam 20. 12 WIB
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: ROSDA. 2011
Ismail, Andang. Alat Peraga dan APE. Yogyakarta: Shibyan, 2012
. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media. 2009
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Masykouri, Alzena. Mengasah Kemampuan Berbahasa di Usia 2-4 Tahun. Jakarta: PT Penerbitan Sarana Bobo.2013
Muyasaroh, Penggunaan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Di TK ABA 1 Braja Harjosari Braja Selebah, 2013
Rahmitha. Cara Jitu Menjawab Pertanyaan Anak, Jakarta: PT Penerbitan Sarana Bobo. 2007
Ummah, Khoirul. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Pengkutempura,blogspot.com/2012/11/menu-pembelajaran-anak-usia-dini-2-4.html. diakses tgl 8 Juli 2014 pukul10.00 WIB
Copyright (c) 2018 Evianti Maharisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.