PERAN GURU TPQ BAITUL IBADAH DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA BRAJA INDAH
Abstract
Abstract
This research is to find out the role of TPQ teachers in fostering children's morals, especially in Braja Indah village, Braja Selebah district, East Lampung. Morals are a measure of one's faith. To achieve moral perfection, coaching is needed. The coaching is not only carried out by formal and informal institutions, but also non-formal institutions in the community, namely TPQ. This is where the role of the teacher lies, one of which is in the Al-Qur'an Education Park. TPQ teachers are educators from non-formal educational institutions who teach the ability to read and write the Qur'an as well as teach knowledge about worship, faith, and morals. The method used is descriptive qualitative, with empirical data from observations and interviews. That the role of the TPQ teacher is as 1) the role of the TPQ teacher as a role model/model for children, 2) the teacher familiarizes children with good character, 3) the teacher as a supervisor and 4) the teacher as a child advisor.
Keywords: The Role of TPQ Teachers, Children's Morals
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TPQ dalam membina akhlak anak khususnya di desa Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Akhlak menjadi tolak ukur keimanan seseorang. Untuk mencapai kesempurnaan akhlak, dibutuhkan adanya pembinaan. Dalam pembinaan tersebut tak hanya dilakukan oleh lembaga formal dan informal saja, melainkan juga lembaga non formal yang ada di lingkungan masyarakat, yakni TPQ. Disinilah letak peran guru salah satunya di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Guru TPQ adalah tenaga pendidik dari lembaga pendidikan non formal yang mengajarkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an juga mengajarkan pengetahuan tentang ibadah, akidah, dan akhlak. Metode yang digunakan melalui kualitatif deskriptif, dengan data-data empiris observasi dan wawancara. Bahwa peran guru TPQ adalah sebagai 1) peran guru TPQ sebagai Tauladan contoh/model bagi anak, 2) Guru membiasakan anak berakhlakul karimah, 3) Guru sebagai pengawas dan 4) Guru sebagai penasehat anak.
Kata Kunci: Peran Guru TPQ, Akhlak Anak
Downloads
References
Azizy, A. Qodri Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan : Pandai Dan Bermanfaat) (Jakarta: Aneka Ilmu, 2003)
Budiyanto, Mangun. Ilmu Pendidikan (Ombak, 2013)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2001)
Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan (Cv Pustaka Setia, 2011)
Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Rajawali Pers, 2014)
Hendropuspito, Sosiologi Sistematika (Yogyakarta: Kanisius, 2006)
Jamaluddin, Dindin. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2013.
Jannah, Miftahul. “Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Dan TPQ Az-zahra Desa Papuyuan,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2019)
Minarti, Sri Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2013
Mukhtar, Desain Pembelajaran Islam (Jakarta: Misika Anak Galiza, 2003)
Namin, Nurhasanah Kesalahan Fatal Keluarga Islami mendidik Anak (Jakarta: Kunci Iman, 2015
Copyright (c) 2021 Novita Herawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.