MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH BATU PUTUK BANDAR LAMPUNG
Abstract
Abstract
Islamic boarding school Darul Falah Batu Putu Bandar Lampung, as an Islamic educational institution, is facing significant challenges in integrating religious education with knowledge and practical skills to prepare its students for the dynamics of globalization. Its success in achieving this is heavily dependent on the effective management of human resources (HR) based on Islamic values. This study is aiming to explore the implementation of HR management at Pondok Pesantren Darul Falah and its contribution to improving the quality of education. The method used is a descriptive qualitative approach with in-depth interviews, observations, and documentation, involving 10-15 informants consisting of caregivers, teaching administrators, and support staff. The main findings of this study show that the processes of recruitment, selection, performance assessment, and compensation at this pesantren are based on Islamic principles such as amanah, kafa'ah, musyawarah, ihsan, and al-adl. Recruitment emphasizes moral integrity and competence, selection is carried out through musyawarah to ensure fair decisions, performance assessment focuses on intention and sincerity, while compensation is based on the principle of justice, ensuring rewards that are commensurate with contributions. This HR management model is expected to serve as a reference for other pesantrens in improving the quality of education management and HR development.
Keywords: HR Management, Islamic Education, Quality Management.
Abstrak
Pondok Pesantren Darul Falah Batu Putu Bandar Lampung sebagai lembaga pendidikan Islam menghadapi tantangan besar dalam mengintegrasikan pendidikan agama dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mempersiapkan santri menghadapi dinamika globalisasi. Keberhasilan dalam mencapainya sangat bergantung pada pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif dan berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan manajemen SDM di Pondok Pesantren Darul Falah, serta kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, melibatkan 10-15 informan yang terdiri dari pengasuh, pengelola pengajaran, dan staf pendukung. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, dan kompensasi di pesantren ini didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, seperti amanah, kafa'ah, musyawarah, ihsan, dan al-adl. Rekrutmen mengutamakan integritas moral dan kompetensi, seleksi dilakukan melalui musyawarah untuk memastikan keputusan yang adil, penilaian kinerja berfokus pada niat dan keikhlasan, sementara kompensasi didasarkan pada prinsip keadilan yang memastikan imbalan yang setimpal dengan kontribusi. Model manajemen SDM ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pesantren lainnya dalam meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan dan pengembangan SDM.
Kata kunci: manajemen SDM, Pondok Pesantren Darul Falah, integrasi pendidikan agama dan umum, prinsip Islam, kualitas pendidikan.
Downloads
References
Abdurakhman, Omon, and Radif Khotamir Rusli. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2015).
Arfanaldy, S. R., Aziza, I. F., Kur’ani, N., Judijanto, L., Mutiaraningrum, I., Husain, H., ... & Ohorella, N. R. (2024). Menghadapi Tantangan Pengajaran: Solusi Inovatif untuk Permasalahan Klasik di Ruang Kelas. Yayasan Literasi Sains Indonesia.
Ahmad, Syafri, Yullys Helsa, and Yetti Ariani. Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele. Deepublish, 2020.
Amalia, Kaniati, Istifadah Rasyad, and Awan Gunawan. “Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran.” Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 5, no. 2 (July 4, 2023): 185–193.
Andi, R. N. (2018). Manajemen hubungan masyarakat dalam menarik minat masyarakat di SMK Negeri 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103-126.
Ayu Yuana, Diana Rochintaniawati, and Irma Rahma Suwarma. “Analisis Kuantitatif Dan Kualitatif Penerapan Instruksi Berdiferensiasi: Tanggapan Guru Dan Penguasaan Konsep IPA Dalam Pembelajaran IPA.” Journal of Scientech Research and Development Volume 5, no. 1 (2023).
Bogdan, Robert, and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. 3rd ed. Boston: Allyn and Bacon, 1998.
Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167-189.
Habib, M., Sihombing, U. M., Rahmadani, U., & Wirahayu, W. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269-275.
Hadi, A. (2018). Perkembangan dan Konsep Dasar Manajemen Humas dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Historis. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 4(2), 67-84.
Hanafiah, ,Uus Sopandi, and Ririn Siti Maemunah. “Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi di SMPN 4 Ciconpet Kabupaten Garut.” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume 7, Nomor 3 (2024).
Hakim, M. N. (2019). Manajemen hubungan masyarakat dalam mengembangkan lembaga pendidikan (studi kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121-139.
Harini, I. N. (2014). Manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan sekolah (studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 8-20.
Haryanto, R., & Rozza, S. (2012). Pengembangan Strategi Pemasaran Dan Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidika. Jakarta State Polytechnic.
Jannah, S. (2019). Manajemen Humas Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Positif Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 113-124.
Juhji, B. N., Arifudin, O., Mustafa, M., Choiriyati, W., Hanika, I. M., Tanjung, R., & Adiarsi, G. R. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan (Vol. 2). Penerbit Widina.
Kurniawan, W., Maulidin, S., & Rohman, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Manajemen. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 8(1), 36–53. https://doi.org/https://doi.org/10.33507/cakrawala.v8i1.1924
Maulidin, S., Rohman, M., Nawawi, M. L., & Andrianto, D. (2024). Quality Management in Improving Competitiveness in the Digital Era at Madrasa. Journal of Advanced Islamic Educational Management, 4(1), 57-70.
Maulidin, S., & Supriadi, Eti Hadiati, N. (2024). PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 84–99. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i1.604
Maulidin, S., & Jamil, M. A. (2024). PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF (Studi Kasus SMA Bustanul Ulum Jayasakti Anak tuha Lampung Tengah). Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128-140.
Maulidin, S. (2024). Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren:(Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Bandar Lampung). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 126-138.
Nafisa, Meilina Durrotun, and Ruqqoyah Fitri. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Lembaga PAUD.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 6, no. 2 (August 31, 2023): 179–188.
Ningsih, I. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11-21.
Nguyen, Lan Thi, Issara Kanjug, Grichawat Lowatcharin, Theeradej Manakul, Kornwipa Poonpon, Weerachai Sarakorn, Anucha Somabut, Niwat Srisawasdi, Saksuriya Traiyarach, and Kulthida Tuamsuk. “How Teachers Manage Their Classroom in the Digital Learning Environment – Experiences from the University Smart Learning Project.” Heliyon 8, no. 10 (October 2022): e10817.
Purba, Mariati, Nina Purnamasari, Sylvia Soetantyo, Irma Rahma suwarna, and Elisabet Indah Susanti. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021.
Rahman, A., & Diah, P. (2021). Strategi Humas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 98-107.
Siregar, E. (2018). Manajemen Citra Sekolah dalam Perspektif Humas. Jurnal Komunikasi, 12(3), 175-189.
Supriani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 587-594.
SYARIF, M. (2024). Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG)..
Copyright (c) 2024 Achmad Zainul Abidin, Subandi Subandi, Romlah Romlah, Syarif Maulidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.