PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENGENALAN WARNA
(Peneitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A RA Pratama Tunggal Binangun)
Abstract
Abstract
This study attempts to improve the ability of knowing color through experimental methods in the RA Pratama Tunggal Binangun. The kind of this research is collaborative Class Action Reseach. The subjects of this research are grup A RA Pratama Tunggal Binangun, consisting of 7 boys and 7 girls. Data collection method uses the sheets observation (check list) and documentation. Analysis techniques data is Quantitative research.
The result showed that the ability of knowing color can increase by the experimental methods .The results of the study increased gradually, this can be seen from the data observations on pre-action, the cycle I and II . The average of percentage on pre-action is 45,83%, rising in cycle I with the percentage of 60,61%. The second cycle rises up to 81,25 %.
Downloads
References
Ali Nugraha. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, 2005
C. Asri B. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY, 2002
Destira Shandi. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B di TK ABA III Nganjuk. Jurnal PAUD, 2013
Irfan Sugianto, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Karya Press, 2009
Kasihani Kasbuloh. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan, 1999
Moeslihatun. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. (Jakarta: Rineka
Cipta, 2004
Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996
Slamet Suyanto. Pembelajaran untuk Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005
_______ Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010
Sukinten. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Bermain Edukatif Balok Warna pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Tunas Bangsa. Jurnal PAUD, 2014
Suharsimin Arikunto dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara, 2009
____________ , Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2005
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009
Winda Gunarti, dkk. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2008
Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks, 2011