PENINGKATAN FOKUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE

  • Ririn Sanusi STAI Darussalam Lampung
  • Sefriyanti Sefriyanti STAI Darussalam Lampung
Keywords: fokus, media, maze

Abstract

Pengembangan focus pada anak bertujuan untuk agar anak dapat menerima dan menangkap pelajaran dengan lebih mudah, sehingga kemampuan berpikir dan pengetahuan siswa dapat meningkat. Tingkat fokus anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan media maze. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan penjelasan mengenai upaya meningkatkan fokus pada anak usia dini melalui media maze. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review yaitu metode tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mengevaluasi penelitian yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang dilakukan. Melalui kegiatan bermain maze dapat membantu meningkatkan fokus belajar anak karena dapat melatih konsentrasi dan koordinasi mata dan tangan. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan fokus anak dapat dilakukan dengan media maze pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K., & DS, A. C. (2017). Upaya meningkatkan kosentrasi belajar anak melalui bermain papan titian di
TK Indria Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. PAUDIA: Jurnal Penelitian
dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 101-110.
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. Depok:
PT. Raja Grafindo.
Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al
Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 131-144.
Chalidaziah, W. (2018). Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X. Aṭfālunā:
Journal of Islamic Early Childhood Education, 1 (1), 24–28.
Dini, J. P. A. U. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game
Gartic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578-3589.
Jamaludin, J., Agustiara, B., Naibaho, B. A., Purba, C. A., Sinamo, E. S., Boangmanalu, R. A., & Novianti,
Z. Z. (2023). Implementasi nilai keberagaman kepada anak usia dini dalam masyarakat majemuk
menggunakan alat permainan edukatif berbasis maze book di tk santo thomas 2. ENTINAS: Jurnal
Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 89-94.
Khasanah, N., & Rocmah, L. I. (2024). Efektivitas Media Maze Magnet dalam Meningkatkan Konsentrasi
Belajar pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(4), 4728-4737.
Kuswanto, A. V., & Suyadi, S. (2020). Sistematika lieratur review: permainan maze dalam mengembangkan
perkembangan anak usia taman kanak-kanak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
4(2), 119-125.
Nurrachmah, F. K., Adzkia, K. P., & Sulistyowati, W. (2023). Strategi Pembelajaran Dalam Menstimulasi
Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini,
1(04), 145-156.
Paramitha, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit
Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1-16.
Rahmawati, D. D., Saputri, A. D., Mazura, M., Septiana, R., Utami, W. S., & Amanda, R. S. (2024).
Pengimplementasian Media Circle Maze untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak
Usia Dini. Journal of Education Research, 5(2), 2230-2236.
Saptiwi, N. A., & Lestariningrum, A. (2021). Pengembangan media maze kotaku untuk menstimulasi
kemampuan memecahkan masalah pada anak usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 1(2), 92-103.Sari, R. N. (2022). Pemanfaatan media maze dalam proses pembelajaran di paud ar-raudhah kace timur.
ICEJ: Islamic Childhood Education Journal, 1(1), 37-42.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan
matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan,
Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256.
Sujiono and Yuliani Nurani. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Indeks.
Susanti, R. A., & Widodo, B. (2023). Pengembangan media maze raksasa untuk aspek perkembangan
kognitif anak usia 4-5 tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 131-138
Published
2025-06-23
How to Cite
Ririn Sanusi, and Sefriyanti Sefriyanti. 2025. “PENINGKATAN FOKUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 1-11. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/750.
Section
Articles