KREATIVITAS GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI RAUDHATUL ATHFAL

  • Tiara Sapitri Institut Al-Ma'arif Way kanan
Keywords: Kreativias, Guru, Motivasi Belajar

Abstract

Orang yang kreatif adalah orang yang menghasilkan konsep dan
produk orisinil yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
Seorang guru haruslah seorang yang ahli di bidangnya dan mampu
memberikan pengetahuan kepada murid-muridnya.Mengetahui bagaimana
seorang guru mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar adalah
tujuan dari penelitian ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi
dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas guru di Raudhatul
Athfal (RA) At-Taqwa 45 Setia Negara adalah guru yang kreatif dan
sebagian kecil guru yang tidak kreatif.Kreativitas seorang guru sangat
mempengaruhi semangat belajar pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswat, Hijrawatil., Masri, Bella. (2023). Meningkatkan Motivasi dan
Ketuntasan Hasil Belajar Siswa melalui Media Kreatif Smartpoli pada
Materi IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 5
no. 2. Doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4871
McClelland, D. C. (2001).The Achieving Society. Free Press.
Merpati Temiks, Apeles Lexi Lonto, Julien Biringan. 2018.
KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIK SANTA ROSA SIAU TIMUR
KABUPATEN SITARO.Jurnal Civic Education, Vol. 2 No. 2. Jurusan
PPKn FIS Unima Email: lexi.lonto@unima.ac.id
Nafisah, N., Makki, M. And Jiwandono, I. S. (2022).Manajemen Kelas
Pada Pembelajaran Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Inpres
Tenga Kecamatan Woha Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Doi: 10.29303/Jipp.V7i3.755.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000).Self-Determination Theory and the
Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and WellBeing. American Psychologist, 55(1), 68-78.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan.Kencana.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Rineka Cipta.
Supriadi, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Kreatif Terhadap
Motivasi Belajar Siswa di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 18(3), 225-233.
Suyanto.(2011). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran.Jurnal Pendidikan
dan Kebudayaan, 10(2), 112-120.
Tentren Suprihatin, Curlenius., M. Ihsan Dacholfany, Sutrusni Handayani.
(2022). PENGARUH KREATIVITAS DAN PROFESIONALISME
KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD
NEGERI 02 BLAMBANGAN UMPU. POACE: Jurnal Program Studi
Administrasi Pendidikan. DOI:
https://doi.org/10.24127/poace.v2i2.2110. Vol. 2, No. 2, 2022, 210-218
Yan Ekawati, N. A. W. (2020). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Pada Musim Pandemi Covid-19 Di Mi Ma’arif
Nu Karangasem Purbalingga. Jurnal Pendidikan.
Published
2025-06-29
How to Cite
Tiara Sapitri. 2025. “KREATIVITAS GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI RAUDHATUL ATHFAL ”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 30-40. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/758.
Section
Articles