PERKEMBANGAN AGAMA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK PKK 1 TANJUNG INTEN PURBOLINGGO
Abstract
Perkembangan agama merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan agama. Anak usia 4-5 tahun mulai mengatahui konsep-konsep agama dan mengembangkan pemahaman agama yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan agama anak usia 4-5 tahun di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perkembangan agama anak di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo dari 15 anak di TK b terlihat bahwa ada 13 anak yang sudah berkembang dengan baik 1 anak mulai berkembang dan 1 anak belum berkembang. Jadi secara keseluruhan dapat terlihat bahwa perkembangan agama anak di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo telah menunjukan pemahaman agama yang baik seperti mengenali konsep tuhan, mengikut ibadah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perkembangan agama anak TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan agama, dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mendukung perkembangan agama anak-anak tersebut, seperti meningkatkan kualitas pendidikan agama dan melibatkan orang tua dalam proses pendidikan agama.
Downloads
References
Dyah Ratih Susetya, Pratitis, and Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral Pada Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 1 (2022): 98–108.
Hidayat, Rahmat, and Siti Khomsiyati. “Pengembangan Aspek Keagamaan Anak Usia Dini.” Azzahra 1, no. 2 (2020): 59–72.
Khadijah. “Pengembangan Keagamaan Anak Usia Dini.” Raudhah 4, no. 1 (2016): 33–48.
Nurma, and Sigit Purnama. “Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Harapan Bunda Woyla Barat.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2022): 53–62.
Roosinda, Fitria Widiyani, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, Hastin Umi Anisah, Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Siti Hadiyanti Dini Islamiati, Kadek Ayu Astiti, Nurul Hikmah, and Muhammad Iqbal Fasa. METODE PENELITIAN KUALITATIF. Edited by M.T. Ismi Aziz Dr. Dian Utami Sutiksno, S.E., M.Si. Dr. Ratnadewi, S.T. Cetakan I. Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING, 2021.
Ruwaida, Gina Asri, and Ocih Setiasih. “Strategi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3028.
Sari, Popy Puspita, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi. “POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI.” JURNAL PAUD AGAPEDIA, 2020. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Thalib, Mohamad Anwar. “PELATIHAN ANALISIS DATA MODEL MILES DAN HUBERMAN UNTUK RISET AKUNTANSI BUDAYA.” Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 2022. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581.
YUNARDI KRISTIAN ZEGA. “TEORI PERKEMBANGAN IMAN REMAJA MENURUT JAMES W. FOWLER DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 2020. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.488.
Zaini, Herman, and Kurnia Dewi. “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2017. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.