PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENYULUHAN POLA ASUH ANAK BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN DI DESA SEMPOL

  • Bintang Krismiani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kemala Diah Tri Hayati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dicky Andrean Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Embun Sindu Waludani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yogi Febriansyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kaifa Mahardika Muhammad Priyadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Hardyanthi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Pola Asuh, Penyuluhan, Perkembangan Anak

Abstract

Pola asuh orang tua berperan penting dalam perkembangan anak, baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Namun, pemahaman masyarakat mengenai hal tersebut masih terbatas. Program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua mengenai pola asuh yang sesuai dengan tahap perkembangan anak melalui penyuluhan yang dilakukan di Desa Sempol, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab, dengan pendekatan berbasis tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai pola asuh yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Selain itu, peserta juga memperoleh keterampilan praktis dalam menerapkan pola asuh yang sesuai untuk mendukung perkembangan optimal anak mereka. Kesimpulan dari program ini adalah bahwa penyuluhan pola asuh berbasis tahap perkembangan dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengasuhan di lingkungan keluarga. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan dengan dukungan komunitas lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhuriyani, Firda, M Mansur, and Rose Fitria Lutfiana. “Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Di Desa Sedayulawas.” Civic Hukum 7, no. 2 (2022): 31–40.

Erdaliameta, Annisha, Rizka Khurotunisa, Nana Nana, and Entoh Tohani. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 4 (2023): 4521–30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4029.

Hadian, Vini Agustiani, Dewinta Arum Maulida, and Aiman Faiz. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 10, no. 1 (2022): 240–46. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365/2189.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. 5th ed. Erlangga, 1999.

Listia Fitriyani. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.” Jurnal Lentera XVIII, no. 1 (2015): 94–110.

Martsiswati, Ernie, and Yoyon Suryono. “Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 2 (2014): 187–98.

Nadhifah, Izzatullaili, Mohammad Kanzunnudin, and Khamdun Khamdun. “Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 1 (2021): 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852.

Ningrum, Retno Wulan, Erik Aditia Ismaya, and Nur Fajrie. “Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105.

Nuraeni, Fitri, and Maesaroh Lubis. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10, no. 1 (2022): 137–43. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054.

Picauly, Matheis Frans Maranth Yedija, N L Sahertian, and P Ch Lumamuly. “Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Perkembangan Usia Anak Menurut Pemikiran Erik Erikson Di Persekutuan Doa CEB Ministry.” Epigraphe 5, no. 2 (2021): 324–35.

Putri, Yuliana Sulistyaningrum, Ika Ari Pratiwi, and Erik Aditia Ismaya. “Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Minat Belajar Anak Di Desa Medini.” Jurnal Muara Pendidikan 5, no. 2 (2020): 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377.

Sari, Popy Puspita, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia 4, no. 1 (2020): 157–70. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.

Yansyah, Medi, Marta Diniyah Putri, Muhammad Renaldi, Daffa Hani Syahirah, Veronica Yulia Putri, Afghan Yuswan, and Universitas Muhammadiyah Lampung. “Pelatihan Parenting : Pemahaman Serta Pengelolaan Pola Asuh Anak Terhadap Teknologi Di Era Digital” 4, no. 2 (2024): 312–18.

Published
2025-04-22
How to Cite
Bintang Krismiani, Kemala Diah Tri Hayati, Dicky Andrean, Embun Sindu Waludani, Yogi Febriansyah, Kaifa Mahardika Muhammad Priyadi, Tri Hardyanthi, and Sri Wahyuni. 2025. “ PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENYULUHAN POLA ASUH ANAK BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN DI DESA SEMPOL”. Jurnal Peduli : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (2), 139-49. https://doi.org/10.51226/pdl.v4i2.742.
Section
Articles