PENDAMPINGAN PEMBUATAN LOGO DAN KEMASAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM KERUPUK TEPUNG DI DESA PLOSO
Abstract
UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi lokal, namun masih menghadapi berbagai tantangan dalam aspek pemasaran, khususnya dalam hal branding dan kemasan produk. Permasalahan yang ditemukan di Dusun Karangnongko Timur, Desa Ploso, adalah UMKM kerupuk tepung yang belum memiliki identitas merek yang kuat, masih menggunakan metode pemasaran tradisional, serta desain kemasan yang sederhana. Tujuan dari program pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam pembuatan logo dan inovasi kemasan guna meningkatkan nilai jual dan daya saing produk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi lapangan, wawancara, pelatihan, pendampingan langsung di lokasi produksi, serta monitoring melalui kunjungan dan media komunikasi. Hasil dari kegiatan ini mencakup pembuatan desain logo baru, desain label kemasan, serta bentuk kemasan baru yang lebih menarik dan representatif. Kontribusi dari program ini adalah mendorong pelaku UMKM untuk memahami pentingnya identitas merek dan kemasan sebagai strategi pemasaran, sekaligus memberikan solusi konkret yang dapat diaplikasikan secara berkelanjutan untuk pengembangan usaha mereka.
Downloads
References
“Apa itu Promosi : Jenis, Fungsi, Tujuan, dan Strateginya.” Accessed March 13, 2025. https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/wirausaha/promosi-adalah.
Aula, Rahmiatul, Intan Maulida, Raudhatinur Raudhatinur, Ayu Anora, and Venna Maulida Mustika. “Pendampingan Pembuatan Logo Dan Inovasi Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM Di Desa Paya Bili.” Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES) 3, no. 2 (October 31, 2024): 23–27. https://doi.org/10.29103/jpes.v3i2.19335.
Barusman, A.R.P, T.M Barusman, L Hakim, and M.D. Poyo. “Upgrading Packaging UMKM Produsen Gula Semut Di Desa Sendang Baru, Lampung Tengah.” Jurnal Pengabdian UMKL 2, no. 1 (2023): 8–14.
Database Peraturan | JDIH BPK. “UU No. 20 Tahun 2008.” Accessed March 16, 2025. http://peraturan.bpk.go.id/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008?utm_source=chatgpt.com.
Faradilla, and Kartini. “Implementation Of Branding And Packaging To Enhance Sales Of Micro, Small, And Medium Enterprises Products At Purwadadi Village. Minda Baharu,” 7, no. 2 (n.d.): 266–76.
“Apa itu Promosi : Jenis, Fungsi, Tujuan, dan Strateginya.” Accessed March 13, 2025. https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/wirausaha/promosi-adalah.
Aula, Rahmiatul, Intan Maulida, Raudhatinur Raudhatinur, Ayu Anora, and Venna Maulida Mustika. “Pendampingan Pembuatan Logo Dan Inovasi Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM Di Desa Paya Bili.” Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES) 3, no. 2 (October 31, 2024): 23–27. https://doi.org/10.29103/jpes.v3i2.19335.
Barusman, A.R.P, T.M Barusman, L Hakim, and M.D. Poyo. “Upgrading Packaging UMKM Produsen Gula Semut Di Desa Sendang Baru, Lampung Tengah.” Jurnal Pengabdian UMKL 2, no. 1 (2023): 8–14.
Database Peraturan | JDIH BPK. “UU No. 20 Tahun 2008.” Accessed March 16, 2025. http://peraturan.bpk.go.id/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008?utm_source=chatgpt.com.
Faradilla, and Kartini. “Implementation Of Branding And Packaging To Enhance Sales Of Micro, Small, And Medium Enterprises Products At Purwadadi Village. Minda Baharu,” 7, no. 2 (n.d.): 266–76.
“Konsinyasi: Kelebihan, Kekurangan, Contoh, dan Pajaknya.” Accessed March 9, 2025. https://www.ocbc.id/article/2021/07/27/konsinyasi-adalah.
Lestriani, Lestriani, Destia Restiawati, Nenden Ayu Sapitri, Melinda Hidayat, Shopa Napisah, Rr. Amanna Dzikrillah Llah, and Salix Fini Maris. “Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Branding, Packaging, dan Digital Marketing: Studi Kasus Produk UMKM Kue Basah di Desa Cileungsing.” Jurnal Pengabdian West Science 3, no. 05 (May 31, 2024): 581–94. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i05.1167.
Oscario, Angela. “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand.” Humaniora 4, no. 1 (April 30, 2013): 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429.
Widiati, Ari. “PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI ‘MAS PACK’ TERMINAL KEMASAN PONTIANAK.” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) 8, no. 2 (April 14, 2020). https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670.