SIRAH NABI SEBAGAI LANDASAN PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA SDIT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA

  • Tinuk Suparti INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO
  • Moh. Mustaqim INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO
Keywords: Sirah Nabi, Pembentukan Karakter Siswa

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter bagi peserta didik sejak dini sangat penting sebagai landasan dalam membentuk pribadi yang ungguldi masa yang akan datang secara spiritual, moral, dan sosial. Dengan pembelajaran sirah ini peserta didik dapat menunjukkan sikap santun terhadap guru, teman, dan  orang tua. Oleh karena itu, Sirah Nabi Muhammad SAW dijadikan sebagai landasan dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik di SDIT Utsman bin Affan Surabaya. pedampingan ini menggunakan pendekatan metode service learning sebuah metode pembelajaran yang mengutamakan sebuah pelayanan, baik pelayanan terhadap diri sendiri, terhadap orang lain, maupun terhadap lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan sirah Nabawiyah dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan sehari-hari mampu menanamkan nilai-nilai sopan santun kepada guru, teman, orang tua dengan pendekatan berbasis empat tahapan, yaitu Internalisasi Nilai, keteladana, dan evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan siswa menunjukkan adanya peningkatan sopan santun terhadap guru, teman, dan  orang tua.  Selain itu siswa kelas IV mendapatkan keterampilan dalam meningkatkan pemahaman tentang sopan santun sesui dengan pengembangan aspek spiritual, akhlak, dan integritas diri. Dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan, pendidikan karakter di SDIT Utsman bin Affan tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga aplikatif dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tinuk Suparti, INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO

Lecturer

Moh. Mustaqim, INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO

Lecturer

References

Abdul Majid dkk, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Rizal1, Pendidikan Karakter Berbasis Islam: Studi Literatur terhadap Konsep dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan,Jurnal: Indonesian Research Journal on Education, Volume 5 Nomor 2 2025, hal. 1195-1120.

Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: RajawaliPers, 2017.

Ahmad Khalwani, Gaya Bicara Rasulullah Yang Harus Diteladani Umat Islam, https://www.harakatuna.com/gaya-bicara-rasulullah-yang-harus-diteladani-umat-islam.html, 2023, hal. 5-10

Agus Afandi, Metodologi Pengabdian Masyarakat, Cerbon: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022. hal. 44

Fitriana Hafidz, Pembentukan karakter berbasis pembelajaran sirah nabawiyyah

Di sd aisyiyah bina insani kragan, Jurnal penelitian, vo, 7nomor, 1 2023, hal. 134

Hestu Nugroho Warasto, Pembentukan Akhlak Siswa, (Jurnal Mandiri, 2018), Vol.2, No.1. hal. 65

Leguty Family, Indahnya Sopan Santun, Tangerang Selatan: Leguty Media, 2021, hal. 11.

Luthfi, Integrasi Nilai-Nilai Sirah Rasulullah Saw Dalam Inovasi Pendidikan Untuk Membangun Karakter Generasi Masa Kini, Al-Nahdhiah, Jurnal: Pendidikan Islam vol. 4 nomor 2. 2024, hal. 585

M. Afif Zamron, Membangun Karakter Islami Melalui Pendidikan Berbasis Iman: Perspektif Teologis, Journal of Islamic Values and CivilizationVol. 2, Issue (1) (May, 2025), hal. 10.

Miftahu Sya’adah, Pendampingan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan diRA Adz Dzikra Isyhaarul Jannah Dharmasraya, Jurnal: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 nomor 4, November 2024. Hal. 610.

Nazila Nasywa Maulida, Analisis Konsep, Nilai, dan Strategi Efektif dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PAI, Jurnal: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 04, No. 02, 2025, hal. 469-472

Puji Lestari, Peran Guru dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar, Journal of Nusantara Education, Volume 4 –Nomor2, 2025.

Qurota A’yun, Penggunaan Metode Bercerita Dalam Kisah Nabi Muhammad Di Pengembangan Nilai Keagamaan Pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun, jurnal: Early Childhood: Jurnal Pendidikan, Vol. 9 No. 1, 2025, hal. 36

Shafiyurrahman, Sirah Nawawiyah, Jakarta Timur: Pustaka Kautsar, 2016, hal. 1-10

Udin S. Winataputra, Pedoman Umum Penggalian dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Sebagai Bagian Penguatan Pendidikan Karakter, 2017. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/9767/1/Buku%201-Pedoman%20Umum.pdf

Zubaedi Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasi dalam Lembag pendidikan, Jakarta: PT Adhiya Andrebina Agung, 2015, hal. 86-90

Teladan Rasulullah dalam Menghadapi Kekerasan dengan Kelembutan

Sumber: https://nu.or.id/hikmah/teladan-rasulullah-dalam-menghadapi-kekerasan-dengan-kelembutan-bo61N, 2022.

Sopan Santun, Departemen Pendidikan Kebudayaan, hal. 8

Published
2025-10-24
How to Cite
SUPARTI, TINUK, and Moh. Mustqim. 2025. “SIRAH NABI SEBAGAI LANDASAN PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA SDIT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA”. Jurnal Peduli : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (1), 47-61. https://doi.org/10.51226/pdl.v5i1.832.
Section
Articles