PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL MELALUI JOB BOARD DALAM MENDUKUNG OPERASIONAL DI ME TIME SALON BALI
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi internal di Me Time Salon by Lea melalui penerapan media komunikasi visual berupa job board. Permasalahan yang dihadapi oleh karyawan Me Time Salon by Lea adalah dominasi komunikasi lisan, ketiadaan Standar Operasional Prosedur (SOP) tertulis, serta terjadinya miskomunikasi antar karyawan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan teknik pendampingan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan perancangan serta penerapan job board, kemudian evaluasi melalui pendampingan dan wawancara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa job board berfungsi sebagai pusat informasi internal yang menampilkan kalender jadwal kerja, agenda kebersihan, Standar Operasional Prosedur (SOP) sederhana, serta pengumuman operasional yang dapat diperbarui secara berkala. Penerapan media ini menunjukkan dapat mengurangi miskomunikasi, memperjelas pembagian tugas, meningkatkan efisiensi kerja, serta mendorong budaya kerja yang lebih kolaboratif. Kontribusi pengabdian ini adalah pengembangan inovasi komunikasi visual dalam perusahaan. Secara teoritis, hasil ini dapat memperkaya kajian komunikasi organisasi terkait pemanfaatan media visual, sedangkan secara praktis memberikan model komunikasi yang efektif dan berkelanjutan untuk mendukung operasional salon maupun sektor jasa lainnya.
Downloads
References
Adinata, P. Y., Udayana, A. A. G. B., & Dewi, A. K. (2022). Desain Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Salon Ita Lie di Denpasar. AMARASI: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(1), 75–80. https://doi.org/10.599997/amarasi.v3i01.1049
Beene, S., Koelling, G., & Thompson, C. S. (2020). Recommendations for Creating Inclusive Visual Communication During a Pandemic. VRA Bulletin, 47(2), 929–936. https://doi.org/10.1056/nejmoa2001191
Darmawan, F., Hakim, A., & Sevtiany, V. (2023). Training to Create Teaching Media for Preschool Teachers Based on Visual Communication Technology. Social and Humaniora Research Symposium (SoRes), KnE Life Sciences, 590–597. https://doi.org/10.18502/kss.v8i18.14260
Hayat, E. S., Andayani, S., & Mulyadi, M. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Tani dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan Berbasis Limbah Pertanian di Desa Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(1), 223–232. https://doi.org/10.54082/jamsi.1685
Mmutle, T. (2022). (Re-)Positioning and recognising the influence of internal communciation on employee engagement for maximum organisational performance. Communicare: Journal for Communication Studies in Africa, 41(1), 46–62. https://doi.org/10520/ejc-comcare_v41_n1_a5
Shafariah, H. (2022). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Job Analysis. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 18(2), 175–188. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v18i2.1847
Suparna, P., Pratiwi, N. I., & Nandari, N. P. S. (2024). Sosialisasi Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan eksistensi Sekaa Teruna Teruni Desa Sibanggede Abiansemal Kabupaten Badung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 635–640. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal
Wang, X. (2024). Visual Communication and Branding: The Role of Graphic Design in Building Brand Image and Recognition. Highlights in Art and Design, 8(2), 19–22. https://doi.org/10.54097/qwy32g44
Woloshin, S., Yang, Y., & Fischhoff, B. (2023). Communicating health information with visual displays. Nature Medicine, 29(5), 1085–1091. https://doi.org/10.1038/s41591-023-02328-1








