
Visi Pendidikan Agama Islam
Menjadi Program Studi yang Exellent melalui Inovasi Berbasis Nilai Humanis dan Kolaboratif pada Tahun 2032
Misi Pendidikan Agama Islam
- Melaksanakan pembelajaran yang inovatif berbasis nilai humanis dan kolaboratif dengan menerapkan MBKM;
- Melaksanakan penelitian kolaboratif dalam bidang PAI;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis nilai humanis dan
kolaboratif; - Menjalin kerjasama tingkat nasional dan internasional.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang excellent, inovatif, humanis dan kolaboratif sesuai potensi yang dimiliki;
- Menghasilkan pengembangan keilmuan dalam bidang PAI;
- Terlaksananya pengabdian masyarakat berbasis nilai humanis dan kolaboratif;
- Terjalinnya kerjasama tingkat regional, nasional dan internasional untuk menunjang terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi.
Kurikulum Pendidikan Agama Islam
No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | |||||
1 | I | INS 101 | Pancasila | 2 | 1 | II | INS 118 | Filsafat Umum | 2 | |||||
2 | 1NS 102 | Bahasa Indonesia | 3 | 2 | INS 104 | Bahasa Inggris 2 | 2 | |||||||
3 | INS 103 | Bahasa Inggris I | 2 | 3 | INS 107 | Bahasa Arab 2 | 2 | |||||||
4 | INS 106 | Bahasa Arab I | 2 | 4 | TAR 201 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | |||||||
5 | INS 111 | IAD / IBD / ISD | 3 | 5 | TAR 202 | Sejarah Pendidikan Islam | 3 | |||||||
6 | INS 112 | Ilmu Kalam | 2 | 6 | INS 119 | Psikologi Umum | 2 | |||||||
7 | INS 113 | Tahsinul Qur’an | 3 | 7 | INS 117 | Tafsir | 3 | |||||||
8 | INS 114 | Ulumul Hadits | 3 | 8 | INS 120 | Metodologi Studi Islam | 3 | |||||||
9 | INS 116 | Ulumul Qur’an | 3 | 9 | INS 121 | Fiqh | 2 | |||||||
No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | |||||
1 | III | TAR 203 | Psikologi Perkembangan | 2 | 1 | IV | TAR 206 | Psikologi Pendidikan | 2 | |||||
2 | TAR 207 | Hadits Tarbawi | 2 | 2 | PAI 304 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 3 | |||||||
3 | TAR 209 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | 3 | PAI 307 | Pembelajaran PAI | 3 | |||||||
4 | PAI 301 | Materi PAI SD | 3 | 4 | PAI 302 | Materi PAI SMP | 3 | |||||||
5 | INS 122 | Sejarah Peradaban Islam | 3 | 5 | TAR 208 | Tafsir Tarbawi | 3 | |||||||
6 | TAR 204 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 3 | 6 | INS 124 | Statistik | 3 | |||||||
7 | INS 127 | Ilmu Tasawuf | 2 | 7 | TAR 210 | Manajemen Pembelajaran | 2 | |||||||
8 | TAR 205 | Internet dan Web Pembelajaran | 3 | 8 | PAI 305 | Media Pembelajaran PAI | 3 | |||||||
9 | INS 123 | Ushul Fiqh | 2 | 9 | INS 125 | Masailul Fiqhiyah | 2 | |||||||
No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | |||||
1 | V | PAI 303 | Materi PAI SMA | 3 | 1 | VI | INS 128 | Metodologi Penelitian 2 | 2 | |||||
2 | INS 126 | Psikologi Agama | 2 | 2 | PAI 309 | Pengembangan Materi Ajar PAI | 3 | |||||||
3 | PAI 312 | Pemikiran Pendidikan Islam | 2 | 3 | PAI 310 | Evaluasi Pembelajaran | 3 | |||||||
4 | PAI 311 | Manajemen Pendidikan Islam | 3 | 4 | TAR 211 | Micro Teaching | 3 | |||||||
5 | INS 127 | Metodologi Penelitian 1 | 2 | 5 | TAR 214 | Perbandingan Pendidikan | 2 | |||||||
6 | PAI 306 | Stategi Pembelajaran PAI | 3 | 6 | TAR 213 | Kapita Selekta Pendidikan | 2 | |||||||
7 | TAR 212 | Teknologi Pembelajaran | 2 | 7 | INS 129 | Proposal | 3 | |||||||
8 | PAI 308 | Pengembangan Kurikulum PAI | 3 | 8 | ||||||||||
9 | 9 | |||||||||||||
No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | No | SMT | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | |||||
1 | VII | PAI 313 | PPL | 4 | 1 | VIII | TAR 215 | KKN | 4 | |||||
2 | INS 130 | Praktik Dakwah* | 3* | 2 | TAR 216 | Skripsi | 6 | |||||||
3 | INS 131 | Praktik Jurnalistik* | 3* | 3 | ||||||||||
4 | INS 132 | Praktik Multimedia* | 3* | 4 | ||||||||||
5 | INS 133 | Praktik Kewirausahaan* | 3* | 5 | ||||||||||
6 | INS 134 | Join Study in English Village* | 3* | 6 | ||||||||||
7 | 7 | |||||||||||||
8 | 8 | |||||||||||||
9 | ||||||||||||||