IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN PAUD DI TK PGRI 4 LAMPUNG TIMUR
Abstract
ABSTRAK
Evaluasi pembelajaran Anak Usia Dini adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Evaluasi di TK berfungsi untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan siswa di setiap kegiatan. Dalam melakukan evaluasi terdapat langkah-langkah yang harus di terapkan oleh guru. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk mendeskripsikan Implementasi Evaluasi Pembelajaran PAUD di TK PGRI 4 Lampung Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. “Bagaimana Implementasi Evaluasi Pembelajaran PAUD di TK PGRI 4 Lampung Timur?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang Implementasi Evaluasi Pembelajaran PAUD di TK PGRI 4 Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah guru. Alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi analisis. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan reduksi, pengkajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasikan Evaluasi pembelajaran Sudah berjalan dengan baik namun, guru masih kurang memahami prosedur yang dibuat kurang tepat, penjabaran dalam penilaian belum berdasarkan indikator yang di tentukan.
Downloads
References
Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Media Group, 2011).
Anita Yus, Penilaian Perkembangan Belajar Anak, (Jakarta: Kencana, 2011).
Iksan Waseso, dkk, Evaluasi Pembelajaran Tk, Modul 1-9,(Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2009).
Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta, 2014)
Lara Fridani, SriWulansari dan Sri Indah Pujiastuti, Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini, (Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017).
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset.
Momon Sudarman, Profesi Guru, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013).
Mukhtar Latif dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana 2013).
Nasution. . Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. ( Bandung: Tarsito,2003)
Suyadi, Manajemen PAUD, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2011)
Veny Iswantiningtyas dan Widi Wulansari, Pentingnya Penilaian Anak Usia Dini, (Proceeding Of The ICECRS, Vol. 1 No. 3, 2018.)
Yuliani Nurani Sujiono dan Bambang Sujiono, bermain kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak (Jakarta: PT. Indeks,2010).