PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) EL- QODAR 21 LAMPUNG TIMUR
Abstract
Kegiatan pendampingan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan Guru Madrasah pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) El-Qodar 21 mengenai Kurikulum Merdeka secara umum, kemampuan merancang pembelajaran sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka, dan merancang asesmen pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan yang dilakukan secara tatap muka dan diikuti oleh 21 Madrasah. Setiap Madrasah diwakili oleh 2 orang guru, sehingga peserta berjumlah 42 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 95% peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi dan presentasi, dan 75% peserta sudah dapat merancang pembelajaran dengan baik. Peserta telah dapat menentukan tujuan pembelajaran, materi dan media ajar berbasis teknologi, proses pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Downloads
References
Harnanto Dkk. Penyederhanaan Rpp Berbasis Karakter Bagi Guru Ppkn Smp Sebagai Implementasi Program Merdeka Belajar. Prosiding Hasil Pkm Converence.Um.Id. Vo; 2, No 1. 2021.
Iwinsah, R. (2020) Menakar Konsep “Merdeka Belajar”, Intens.News. Available At: Https://Intens.News/Menakar-Konsep-Merdeka-Belajar/.
Kemendikbud (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Edisi Ke-3. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ri.
Syahrir Dan Muhammad Yamin, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1). Doi:10.36312/Jime.V6i1.1121